PPL: Tugas 6 - Pertemuan 5

Nama: Ferza Noveri
NRP: 5025211097
Kelas: PPL-A

Low Level Design

Kebutuhan Fungsional:

a. Analisis Kemampuan Aplikasi
  1. Aplikasi mampu menghubungkan suatu lokasi wisata melalui nomer telpon yang disediakan.
  2. Aplikasi mampu memberikan informasi lokasi wisata yang akan dituju.
  3. Aplikasi memungkinkan masyarakat dapat mengakses informasi mengenai lokasi wisata yang diinginkan melalui mobile android.
  4. Aplikasi dapat memberikan fasilitas bagi enduser untuk dapat menambah database informasi wisata. 
  5. Aplikasi akan memberikan informasi rute dari tempat asal ke lokasi wisata yang dituju.
  6. Aplikasi memiliki kemampuan untuk menampilkan peta lokasi wisata yang diinginkan enduser
  7.  Aplikasi mampu memberikan informasi wisata yaitu deskripsi singkat wisata tersebut.
  8. Aplikasi dapat melakukan pencarian suatu wisata. 
  9. Aplikasi akan memberikan informasi waktu tempuh dan jarak tempuh dari tempat asal ke lokasi yang dituju dengan jalan kaki atau berkendaraan. 
  10. Aplikasi diinstall pada mobile berbasis Android. 
  11. Aplikasi menguplode database wisata dalam suatu domain.  
b. Analisis Kebutuhan Data

Analisis kebutuhan data yang diperlukan antara lain data: Restoran, SPBU, rumah sakit, ATM, hotel, bank, tempat ibadah, tempat perbelanjaan, stasiun kereta api, museum, terminal, wisata alam, Polsek, poliklinik, kantor pos, kantor pemeintahan, data sekolah dan data universitas.
 
c. Analisis Arsitektur Aplikasi

Arsitektur fisik sistem mengacu kepada model arsitektur aplikasi two tier. Arsitektur fisik sistem terdiri dari tiga komponen utama yaitu Client (Frontend), application Server (Web Admin dan Web Service), dan database Server. 

Kebutuhan Non Fungsional:

a. Analisis Kebutuhan H/W dan S/W

Adapun perangkat yang diperlukan pada tahap pembangunan dan tahap implementasi terdiri atas perangkat keras yaitu laptop dengan procesor core i3 dan handphone berbasis Android dan perangkat lunak yaitu Android SDK.

b. Analisis Pengguna Sistem (User) 

Tahapan ini untuk mengetahui siapa saja aktor yang terlibat dalam menjalankan sistem. Pengguna aplikasi dibagi atas dua bagian, yaitu: Pengguna mobile dan Administrator.

Desain Database 

Desain Antarmuka

Tampilan Awal Aplikasi

Perancangan Menu Utama

Perancangan antarmuka list view kategori

Perancangan antarmuka Detail sub kategori 

Perancangan antarmuka Map

Perancangan antarmuka Navigator GPS

Perancangan antara muka Penambahan data

Estimasi Kapasitas Perancangan Sistem

  • Pengguna Aktif:
    • 10.000 pengguna aktif simultan.
  • Pengaduan per Hari:
    • Estimasi 1.000 pengaduan baru per hari.
  • Lampiran:
    • Rata-rata 3 lampiran per pengaduan dengan ukuran rata-rata 5 MB.
  • Database Storage:
    • Estimasi kebutuhan ruang penyimpanan untuk 1 tahun adalah sekitar 100 GB untuk data pengaduan dan pengguna.

Jadwal Pengembangan

  • Analisis Kebutuhan (2 minggu):
    • Mengumpulkan dan mendefinisikan kebutuhan fungsional dan non-fungsional dengan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan dan calon pengguna.
  • Desain Sistem (1 bulan):
    • Merancang arsitektur sistem termasuk komponen backend dan frontend.
    • Membuat desain UI/UX untuk aplikasi Android.
  • Pengembangan Backend (2 bulan):
    • Membangun API dan database.
    • Mengembangkan layanan backend lainnya seperti autentikasi, notifikasi, dan manajemen pengaduan.
  • Pengembangan Mobile App (2 bulan):
    • Membangun aplikasi Android dengan fitur utama seperti autentikasi, pembuatan dan pelacakan pengaduan, notifikasi, komentar, pencarian, dan peta lokasi.
    • Mengintegrasikan aplikasi dengan API backend.
  • Pengujian (1 bulan):
    • Melakukan pengujian fungsionalitas untuk memastikan setiap fitur bekerja dengan baik.
    • Melakukan pengujian performa untuk memastikan aplikasi responsif dan dapat menangani beban pengguna yang diprediksi.
    • Melakukan pengujian keamanan untuk memastikan data pengguna dan komunikasi aman.
  • Penyebaran dan Pemeliharaan (Berlanjut):
    • Menyebarkan sistem ke lingkungan produksi.
    • Melakukan pemeliharaan berkala untuk memperbaiki bug, meningkatkan performa, dan menambah fitur baru berdasarkan masukan pengguna.

Comments

Popular posts from this blog

PBKK: Perkenalan dan Portofolio

PBKK: Pertemuan 2 - Membuat Kalkulator Sederhana

ETS PPL